Mengatasi Monitor PC yang tidak Menyala

Monitor Problem

Banyak pengguna PC yang mengalami kerusakan seperti ini, keadaan PC normal seperti biasa, masih tetap menyala namun hanya monitor yang tidak memperlihatkan tampilan apa-apa. Dikarenakan tidak mau ambil pusing dengan masalah yang ada maka sang pemilik PC langsung menuju ke teknisi dengan dalih monitor yang sudah tidak bisa terpakai lagi.

Sebenarnya banyak ilmu yang kita dapat bila kita berani untuk mengotak-atik isi dari sebuah PC, atau perangkat keras yang ada dalam CPU. Kerusakan terhadap monitor sangat minim sekali, karna monitor bukan perangkat keras yang rentan rusak, kecuali jika monitor yang dipakai emang monitor butut.. ehehee

Okay, Next…

Bila anda mengalami hal seperti itu, alasan yang pertama yang saya salahkan adalah listrik. Arus listriknya naik turun ga? stabil ga?

Kedua : cek memory DDR2 atau DDR1 (bila anda punya 2 PC cabut memory PC yang tidak rusak masukkan ke slot memory PC yang rusak tadi) bila masi mengalami kerusakan yang sama kita lanjut ke opsi ketiga.

Kasus ke tiga, cek juga MotherBoard dan VGA, VGA nya onboard ga? kalo emang onboard berarti anda diperkenankan untuk menggantinya dengan MianBorad yang baru :D , moga2 aja tidak deh. Pilihan lain, ya silahkan membeli VGA card sebagai pengganti VGA yang tadinya onboard.

So, analisanya seperti ini:
Monitor tidak bisa menyala dalam keadaan PC normal disebabkan oleh

  1. 75% Memory yang sudah rusak
  2. 50% Arus listrik yang tidak stabil
  3. dan 10% disebabkan oleh kerusakan hardware VGA dan Mainboard.

Untuk mengecheck bahwa ketiga kemungkinan diatas terjangkit pada PC kamu, kamu bisa menggunakan tool Hirens Booting dengan syarat monitor harus dalam keadaan menyala :) .

Moga membantu.

Did you like this? Share it:

Related Posts:

Subscribe / Share

Article by DluKe

well... well... I am a lonely man.... looking for a best way road to the big world.
DluKe tagged this post with: , , , , , Read 8 articles by

27 Comments

  1. sugito says:

    aku punya laptop pc nya masih normal, tapi kabel yang ke lcd nya rusak ada yg putus mau beli kebel yang baru mahal dimana beli kabel yg hargnya miring2dikit

  2. DluKe says:

    begini mas….
    kalo ngomong-ngomong masalah harga sih… ga jauh beda ama harga aslinya… khusus untuk daerah jabodetabek harganya ya beda dengan harga dollar, cuma kalo diluar itu mah udah termasuk PP, ongkos kirim, dll.

    thx…

  3. Plick says:

    75% Memory yang sudah rusak
    50% Arus listrik yang tidak stabil
    dan 10% disebabkan oleh kerusakan hardware VGA dan Mainboard.

    kutipan yang di atas itu akurat banget om. ini aku dah bisa perbaiki komputerku.
    makasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>